Sabtu, 14 September 2019

Pengenalan Microsoft Word

Microsoft Word atau dikenal dengan Ms Word merupakan salah satu program aplikasi yang terdapat pada paket Microsoft Office, yang digunakan untuk mengolah kata (word processor) yang sering kali digunakan untuk membuat sebuah dokumen profesional misalnya saja, membuat dokumen laporan, membuat skripsi kuliah, membuat sebuah makalah dan sebagainya. Ms Word sendiri miliki berbagai versi yaitu: Microsoft Word 2003, 2007, 2010, 2012, 2013, dan 2016.

MENJALANKAN MICROSOFT WORD

  • Klik button Start atau Windows, yang berada di taskbar sebelah pojok kiri bawah.
  • Kemudian klik All Program atau All apps.
  • Setelah itu silakan cari Folder Microsoft Office dan pilih Microsoft Word, atau langsung cari program Microsoft Word.
  • Maka akan muncul tampilan Microsoft Word, lembar dokumen seperti gambar dibawah.

Selain cara diatas, Anda juga bisa menjalakan program Microsoft Word dengan cara klik 2x pada shortcut Microsoft Word di desktop maupun di taskbar dan juga Anda bisa melalui menu pencarian kemudian ketik Microsoft Word dan klik pada program tersebut.

Komponen-komponen dasar Microsoft Word
Contoh komponen dasar Microsoft word adalah sebagai berikut:

1. Quick Access Toolbar adalah sebuah toolbar yang berisikan tombol-tombol perintah cepat, misalnya: Save, Undo, Redo, dan sebagainya. Tombol-tombol perintah di quick access toolbar dapat Anda ditambahkan maupun dikurangi.
2. Ribbon Tab adalah menu-menu berisikan beberapa group, dimana masing-masing dari group memiliki berbagai macam perintah.
3. File Tab adalah menu yang digunakan untuk membuka sebuah jendela atau melihat informasi mengenai dokumen dan serta terdapat beberapa perintah didalamnya, seperti: Save, Save as, Print, Share, Close dan lain-lain.
4. Status Bar adalah menu informasi yang berisikan mengenai jumlah halaman, jumlah kata, bahasa yang digunakan dan sebagainya.
5. Title Bar adalah nama dokumen yang sedang dibuka dan juga diikuti dengan nama aplikasinya Microsoft Word.
6. Lembar Dokumen adalah tempat yang digunakan untuk pengetikan kalimat, seperti huruf, angka dan simbol.

Lingkungan word

Word 2016 tetap menggunakan fitur seperti Ribbon dan Quick Access Toolbar, di mana Anda akan menemukan perintah untuk melakukan tugas-tugas umum di Word, serta tampilan Backstage.

Ribbon

Word menggunakan sistem tab Ribbon, bukan menu tradisional. Ribbon berisi beberapa tab, yang dapat Anda temukan di dekat bagian atas jendela Word.

Setiap tab berisi beberapa kelompok perintah yang terkait. Misalnya,
kelompok Font pada tab Home berisi perintah untuk memformat teks dalam dokumen Anda.


Beberapa kelompok juga memiliki panah kecil di sudut kanan bawah yang dapat Anda klik untuk pilihan yang lebih banyak.




Menampilkan dan menyembunyikan Ribbon



Jika Anda merasa bahwa Ribbon mengambil terlalu banyak ruang layar, Anda dapat menyembunyikannya. Untuk melakukan ini, klik panah Ribbon Display Option di sudut kanan atas Ribbon, lalu pilih opsi yang diinginkan dari menu drop-down:

menyembunyikan Ribbon

  • Auto-hide Ribbon: Auto-hide menampilkan dokumen Anda dalam modus layar penuh dan akan menyembunyikan Ribbon dari pandangan. Untuk menampilkan kembali Ribbon, klik perintah Expand Ribbon di bagian atas layar.
  • Show Tabs: Opsi ini akan menyembunyikan semua kelompok perintah ketika mereka sedang tidak digunakan, namun tab akan tetap terlihat. Untuk menampilkan kembali Ribbon, cukup klik tab.
  • Show Tab dan Commands: Opsi ini akan memaksimalkan Ribbon. Semua tab dan perintah akan terlihat. Opsi ini dipilih secara default ketika Anda membuka Word untuk pertama kalinya.

Menggunakan fitur Tell Me



Jika Anda mengalami kesulitan menemukan perintah yang Anda inginkan, fitur Tell Me dapat membantu. Ia bekerja seperti sebuah kotak pencarian biasa : Ketik apa yang Anda ingin cari, dan daftar pilihan akan muncul. Anda kemudian dapat menggunakan perintah secara langsung dari menu tanpa harus menemukannya di Ribbon.


mencari perintah dengan fitur Tell Me

Quick Access Toolbar

Terletak tepat di atas Ribbon, Quick Access Toolbar memungkinkan Anda mengakses perintah umum dengan tidak mempedulikan tab mana yang dipilih. Secara default, itu menampilkan perintah Save, Undo, dan Redo, tetapi Anda dapat menambahkan perintah lain tergantung pada kebutuhan Anda.

Menambahkan perintah pada Quick Access Toolbar:

  1. Klik panah drop-down di sebelah kanan Quick Access Toolbar.
    klik menu drop down Quick Access Toolbar
  2. Pilih perintah yang ingin Anda tambahkan dari menu.
    menambahkan perintah Quick Print ke Quick Access Toolbar
  3. Perintah akan ditambahkan pada Quick Access Toolbar.
    perintah Quick Print pada Quick Access Toolbar

Ruller

Ruller terletak di bagian atas dan di sebelah kiri dokumen Anda. Ruller akan mempermudah menyesuaikan dokumen Anda dengan presisi. Jika Anda ingin, Anda dapat menyembunyikan Ruler untuk memperbasar ruang layar.

Menampilkan atau menyembunyikan Ruler:

  1. Klik tab View.
    klik tab View
  2. Klik kotak centang di sebelah Ruller untuk menampilkan atau menyembunyikan Ruler.
    mengaktifkan Ruller

Tampilan Backstage

Tampilan Backstage menampilkan pilihan untuk menyimpan, membuka file, mencetak, dan berbagi dokumen Anda. Untuk mengakses tampilan Backstage, klik tab File pada Ribbon.
klik tab File
    Pelajari lebih lanjut tentang menggunakan tampilan Backstage.
    • Return to Word: Anda dapat menggunakan panah untuk menutup tampilan Backstage dan kembali ke Word.
    • Info: Panel Info akan muncul setiap kali Anda mengakses tampilan Backstage. Ini berisi informasi tentang dokumen saat ini. Anda juga dapat memeriksa dokumen untuk menghapus informasi pribadi dan melindunginya, mencegah orang lain membuat perubahan.
    • New: Dari sini, Anda dapat membuat dokumen kosong yang baru, atau Anda dapat memilih dari pilihan template.
    • Open: Dari sini, Anda dapat membuka dokumen yang disimpan pada komputer atau OneDrive Anda.
    • Save dan Save As: Anda akan menggunakan Save dan Save As untuk menyimpan dokumen ke komputer atau OneDrive Anda.
    • Print: Dari panel Print, Anda dapat mengubah pengaturan pencetakan dan mencetak buku kerja Anda. Anda juga dapat melihat preview dari dokumen Anda.
    • Share: Dari sini, Anda dapat mengundang orang untuk melihat dan berkolaborasi pada dokumen Anda.
    • Ekspor: Dari sini, Anda dapat mengekspor dokumen Anda menjadi file dengan format lain, seperti PDF / XPS.
    • Close: Klik di sini untuk menutup buku kerja yang saat ini terbuka.
    • Account: Dari panel Account, Anda dapat mengakses informasi akun Microsoft Anda, mengubah tema dan latar belakang, dan keluar dari akun Anda.
    • Options: Di sini, Anda dapat mengubah berbagai pilihan Word. Misalnya, Anda dapat mengontrol pengaturan ejaan dan pemeriksaan tata bahasa, pengaturan AutoRecover, dan preferensi bahasa.

    Tampilan dokumen dan zooming


    Word memiliki berbagai pilihan tampilan yang dapat mengubah bagaimana dokumen Anda akan ditampilkan. Anda dapat memilih melihat dokumen Anda pada mode baca/Read View, Print Layout, atau Web Layout. Tampilan ini dapat berguna untuk berbagai tugas, terutama jika Anda berencana untuk mencetak dokumen. Anda juga dapat memperbesar dan memperkecil agar dokumen Anda lebih mudah dibaca.


    Mengalihkan tampilan dokumen



    Mengalihkan berbagai dokumen yang berbeda sangatlah mudah. Cukup cari dan pilih tampilan dokumen yang diinginkan di sudut kanan bawah jendela Word.


    • Read Mode: Tampilan ini akan membuka dokumen pada layar penuh. Tampilan ini sangat berguna untuk membaca teks dalam jumlah besar atau jika hanya ingin meninjau pekerjaan Anda.
      mode membaca
    • Print Layout: Ini adalah tampilan default dokumen Word. Ini akan menampilkan seperti apa tampilan dokumen ketika dicetak.
      mode print layout
    • Web Layout: ini akan menampilkan dokumen seperti halaman web, yang dapat membantu jika Anda ingin menggunakan Word untuk mempublikasikan konten secara online.


    Memperbesar dan memperkecil


    Untuk memperbesar atau memperkecil, klik dan tarik zoom control slider di sudut kanan bawah jendela Word. Anda juga dapat memilih perintah + atau - untuk memperbesar atau memperkecilnya secara bertahap. nomor di sebelah slider menampilkan persentase zoom saat ini, juga disebut zoom level.




    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar